Home Literasi & Blogging Mencari Tema atau Ide Cerita

Mencari Tema atau Ide Cerita

3 Menit Durasi Baca
0
0
66
Sahabat Muslimah, ini adalah materi kepenulisan di Kelas Fiksi Blogger Muslimah, diambil dari dokumen grup Facebook Blogger Muslimah Indonesia.
Bicara tentang fiksi maka kita akan bicara tentang dunia baru yang kita ciptakan sendiri. Dunia imajinasi yang bisa kita jelajahi dengan sesuka hati. Namun meskipun begitu, sebenarnya sebuah karya fiksi tetaplah harus bertapak pada logika. Karena itulah kita perlu mempelajari apa saja yang dianggap penting saat menulis sebuah karya fiksi.
Biasanya, ketika semangat menulis menggebu, kita akan sangat yakin mau menulis sesuatu. Namun baru beberapa saat duduk di depan komputer, mendadak pikiran mengambang, bahkan hilang. Bingung mau menulis apa, bagaimana memulainya. Hayo, yang pernah mengalami ngacung deh, hehehe…
Baiklah, hal pertama yang perlu disiapkan dengan matang adalah TEMA atau IDE CERITA. Bagaimana cara mencari ide? Banyak sekali caranya. Nah yang berikut ini adalah sumber-sumber ide atau tema yang saya rangkum sekitar 14 tahun yang lalu bersama tim kaderisasi Forum Lingkar Pena, saat saya menjadi ketua kaderisasi kepenulisan di FLP Jakarta. Materi ini sudah saya revisi seperlunya.
1. Pengalaman Pribadi
Pengalaman pribadi (apalagi yang paling berkesan) merupakan sumber ide yang bisa digunakan untuk membuat cerita. Novel NH Dini yang berjudul Pada Sebuah Kapal merupakan sebuah contohnya. Begitu juga Balada Si Roy-nya Gola Gong.
Ernest Hemingway menyulap pengalaman pribadinya sebagai serdadu dalam peperangan-peperangan yang pernah diikutinya menjadi sebuah karya monumental. Leo Tolstoy menjadi pengarang terkenal setelah menulis triloginya; Childhood, oyhood, Youth, yang mengambil pengalaman masa kecilnya sebagai bahan cerita.
2. Pengalaman Orang Lain
Kita (mungkin) sering mendengar curhat dari orang lain dengan masalahnya yang cukup pelik. Hal tersebut juga merupakan sumber ide yang cukup menarik untuk dituliskan menjadi sebuah cerita. Seperti kata William Faulkner yang menegaskan prinsipnya dalam memperoleh gagasan cerita, “Seorang seniman memang tidak bermoral dalam arti ia tidak segan-segan merampok, meminjam, meminta, atau mencuri dari orang lain agar bisa berkarya.”
3. Harapan, Keinginan, Hayalan atau Impian
Barangkali kita punya suatu gagasan yang bagus, ini pun sumber ide yang dapat digunakan untuk menjadi bahan cerita. Captain Tsubasa dan Star Trek merupakan contoh cerita yang bersumber dari angan-angan penulisnya. Secara umum diakui bahwa sebuah cerita merupakan hasil imajinasi. Harry Potter merupakan cerita yang mengedepankan imajinasi penulisnya. Putri Kejawen pun sebenarnya adalah hasil hayalan saya
4. Seorang Tokoh
Kita bisa menulis cerita yang terinspirasi dari seorang tokoh, entah tokoh yang baik ataupun buruk. Bahkan orang yang sangat kita benci pun bisa kita jadikan sumber ide cerita. Tokoh yang nyentrik bahkan merupakan sumber inspirasi yang tak pernah kering. Lupus-nya Hilman merupakan contoh real dari kategori ini.
5. Suasana Latar
Suasana suatu tempat atau budaya suatu daerah juga merupakan sumber cerita yang bisa dikembangkan. Saya (Novia Syahidah) seringkali berangkat dari sini ketika hendak menulis sebuah cerpen atau novel. Misalnya novel Di Selubung Malam yang saya tulis sesudah pulang dari perjalanan ke Nusa Tenggara Barat.
6. Cerita Rakyat
Kalau pernah mendengar cerita Sangkuriang bagaimana sekiranya Dayang Sumbi menerima lamaran Sangkuriang? Atau bagaimana sekiranya kalau si Kabayan bertemu dengan Pak Belalang? Itu hanya contoh ‘kenakalan’ ide yang bisa dikembangkan. Atau Malin Kundang yang didaur ulang menjadi Malin yang tak durhaka misalnya.
7. Dari Judul Cerita Lain
Misalnya: Badai Pasti Berlalu dapat saja kita membuat cerita dengan judul Bajaj Pasti Berlalu. Atau dari Anak Perawan di Sarang Penyamun menjadi Anak Penyamun di Sarang Perawan.
8. Sejarah
Banyak cerita rekaan yang bersumber sejarah, misalkan film Kutunggu Kau di Semanggi atau kebanyakan cerita-cerita Kho Ping Ho. Novel-novel epik Najib Kaelani juga banyak berlatar sejarah. Novel saya yang berjudul Titip Rindu Buat Ibu juga berlatar sejarah masuknya Islam ke Minangkabau.
9. Media Massa
Berita kriminal di koran-koran dapat pula dijadikan sebuah cerita yang menarik. Misalkan tentang gadis yang diperkosa, dari berita itu dapat pula dikembangkan menjadi cerita tentang anaknya yang dibuang di panti asuhan misalnya.
10. Dan lain-lain
Saya pernah melontarkan ide tentang hilangnya Tugu Tani di daerah Senen Jakarta Pusat saat mengisi salah satu pelatihan menulis. Ide itu ditangkap oleh salah seorang peserta dan langsung ia garap dengan baik. Alhasil, cerpen itu lolos dan dimuat di sebuah media cetak.
Nah, kita dapat menambahkan berapapun item untuk menentukan dari mana sumber inspirasi, tema atau ide itu didapat. Karena itu, tulislah apa yang kita ketahui. Makin banyak yang kita ketahui, makin banyak pula alternatif tema yang dapat kita tulis. Karena itu pula, banyak-banyaklah membaca, mengamati dan mempelajari sesuatu yang ada di sekeliling kita.
Keep writing!
Muat Artikel Dari Blogger Muslimah
  • Suara di Balik Senja

    Pukul lima sore hari. Arintya mengalihkan pandangannya dari jam dinding. Ia mulai menaiki …
  • Alur dan Pengaluran (Fiksi)

    Banyak yang mempersamakan bahwa alur (plot) merupakan jalan cerita. Tetapi banyak juga yan…
  • Materi Kepenulisan Non Fiksi (2)

    Temen-temen, maaf ya, postingnya kemaleman. Yuk, kita lanjutin bahas non-fiksi. Anggap aja…
Muat Lainnya Literasi & Blogging

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Ethica Fashion, Spiritual Islam Yang Mencerahkan

Bisnis fashion memang nyaris tak ada matinya karena ia bisa sangat fleksibel mengikuti per…