Home Literasi & Blogging Alur dan Pengaluran (Fiksi)

Alur dan Pengaluran (Fiksi)

2 Menit Durasi Baca
0
0
38
Banyak yang mempersamakan bahwa alur (plot) merupakan jalan cerita. Tetapi banyak juga yang mengatakan bahwa alur bukan sekadar jalan cerita. Agak sulit untuk mendefinisikan pengertian alur secara tepat. Beberapa cakupan di bawah ini merupakan beberapa pengertian alur secara parsial:
1. Alur adalah alur atau jalan cerita.
2. Alur memaparkan apa, bagaimana, mengapa.
3. Alur membentuk sistem.
4. Alur merupakan rangkaian peristiwa dalam sebuah cerita yang dihubungkan secara kausalistik.
5. Alur merupakan struktur peristiwa-peristiwa cerita yang terlihat dalam pengurutan dan penyajian untuk mencapai efek emosional dan efek artistik tertentu.

Kaidah Pengaluran

Dalam membangun sebuah cerita, yang memiliki kekuatan dalam pengaluran, sedikitnya ada empat kaidah yang harus diperhatikan:

1. Kebolehjadian (Plausibility)

Sebuah cerita walaupun tidak ‘masuk akal’ haruslah memiliki unsur kebolehjadian. Dalam artian, cerita tersebut memiliki ‘nilai kebenaran untuk dirinya sendiri’. Sebuah cerita dikatakan plausibel (memiliki logika) jika tokoh-tokohnya dan dunianya serta jalinan peristiwa-peristiwa yang dikemukakan mungkin saja dapat terjadi. Karena itu sebuah cerita haruslah memiliki sifat konsisten.

2. Tegangan (Suspense)

Sebuah cerita yang baik adalah cerita yang membuat pembacanya tidak berhenti membacanya sampai cerita itu selesai. Karena itu, cerita yang baik pastilah memiliki kadar suspense yang tinggi dan terjaga. Banyak yang beranggapan bahwa tegangan merupakan hal yang berhubungan dengan ketidaktahuan pembaca terhadap lanjutan cerita. Tetapi sebenarnya tegangan juga meliputi rasa empatik pembaca terhadap kelanjutan nasib si tokoh.
Beberapa cara untuk membangun suspense:
– Dengan memberikan isyarat (foreshadowing).
– Dengan membangun empati pembaca terhadap tokoh.
– Dengan menyimpan sebuah informasi penting dari pembaca dan mengungkapkannya di akhir cerita.

3. Kejutan (Surprise)

Kejutan juga merupakan unsur cerita yang membuat cerita menjadi menarik. Alur sebuah karya fiksi dikatakan memiliki kejutan jika sesuatu yang dikisahkan ditampilkan menyimpang atau bahkan bertentangan dengan harapan pembaca. Cerita-cerita detektif pada umumnya banyak mengandung unsur kejutan.

4. Kesatuan (Focus)

Keterpaduan antara alur, karakter, konflik dan unsur-unsur lainnya akan sangat membantu untuk mempertahankan cerita. Jika tidak ada keterkaitan peristiwa yang satu dengan yang lainnya, maka bangunan cerita akan rapuh dan tidak bulat. Dengan demikian, ketegangan akan sulit tercipta. Pembaca akan merasa mengambang dalam menghubugkan bagaimana satu peristiwa dengan peristiwa lainnya bisa terjadi.

Kepadatan Alur

· Alur Padat : Cerita disajikan secara cepat
· Alur Longgar: Cerita disajikan secara lambat
Alur Berdasarkan Urutan Waktu
– Maju
– Mundur/flashback
– Campuran

Proses Kreatif dalam Membentuk Alur

1. Dari Setting

Saya (Novia Syahidah) biasa membentuk alur dari latar (setting). Kondisi sosial dan budaya merupakan latar yang biasa menghiasi karya-karya saya. Bahkan masalah budaya, merupakan masalah yang tidak habis-habisnya untuk dieksplorasi. Kondisi sosial budaya merupakan antagonis tersendiri yang dapat melahirkan sebuah alur.

2. Dari Tokoh

Ada beberapa penulis yang alurnya lahir dari tokohnya sendiri. Mereka dalam menulis tidak pernah membuat kerangka dan menentukan ending ceritanya dari awal. Tetapi jalan cerita itu muncul dan mengalir bersamaan dengan proses penulisan. Inilah yang dimaksud dengan tokoh menemukan alurnya sendiri.
Josip Novakovich dalam bukunya Berguru Kepada Sastrawan Dunia, memberikan rumus terbentuknya alur sebagai berikut:
Latar + Tokoh + Alur

3. Dari Cerita Lain yang Diparodikan

Cerita lain yang diparodikan biasanya dibuat sebagai latihan menulis. Ismail Marahimin (Dosen FIB UI) menerapkannya kepada mahasiswanya. Latihan memparodikan cerita lain selain melatih kemampuan pengaluran, juga melatih kemampuan mengembangkan tema.
Nah cukup panjang ya materi tentang alur dan pengaluran ini, semoga menambah wawasan teman-teman yang ingin belajar fiksi. Yang mau bertanya atau berdiskusi silakan lanjut di bagian komentar ya…
Keep Writing!
Nara sumber: Novia Syahidah Rais (www.tintaperak.com)
Muat Artikel Dari Blogger Muslimah
  • Suara di Balik Senja

    Pukul lima sore hari. Arintya mengalihkan pandangannya dari jam dinding. Ia mulai menaiki …
  • Materi Kepenulisan Non Fiksi (2)

    Temen-temen, maaf ya, postingnya kemaleman. Yuk, kita lanjutin bahas non-fiksi. Anggap aja…
  • Materi Kepenulisan Non Fiksi (1)

    Temen-temen, kemarin kita udah bahas langkah-langkah persiapan nulis non-fiksi. Adakah yan…
Muat Lainnya Literasi & Blogging

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Ethica Fashion, Spiritual Islam Yang Mencerahkan

Bisnis fashion memang nyaris tak ada matinya karena ia bisa sangat fleksibel mengikuti per…