Home Bisnis Ethica Fashion, Spiritual Islam Yang Mencerahkan

Ethica Fashion, Spiritual Islam Yang Mencerahkan

3 Menit Durasi Baca
1
0
35

Bisnis fashion memang nyaris tak ada matinya karena ia bisa sangat fleksibel mengikuti perkembangan zaman. Salah satu brand fashion yang mampu bersikap dinamis adalah Ethica Fashion yang mulai bertumbuh sejak tahun 2007. Setelah 10 tahun melenggang di bisnis fashion, Ethica berhasil mengembangkan produknya ke beberapa lini produk.

Blogger Muslimah berkesempatan bertemu dan sharing dengan Manager Marcomm Ethica, Rere Uno, terkait perkembangan bisnis Ethica saat ini. Perempuan ramah dan enerjik ini dengan senang hati membagikan informasi yang semoga bermanfaat bagi Sahabat Muslimah semuanya.

Dari Busana Anak Hingga Dewasa

Bermula dari busana anak-naka dengan brand Salsa, Ethica kemudian memproduksi busana untuk remaja, dewasa, pria dan wanita dengan brand Ethica yang bermakna etika atau moral. Tak puas sampai di situ, Ethica melebarkan sayap dengan brand Seply yang identik dengan busana wanita feminin dan dinamis. Kemudian muncul lagi brand Ohya, membidik pasar wanita gaul, urban dan uptodate style. Tak hanya sampai di situ, Ethica kemudian membuat brand Kagumi, khusus untuk wanita yang ingin tampil elegan dengan kualitas premium. Terbaru, ada brand Majory dengan konsep style with affordable price.

Apa yang membuat Ethica tetap bisa bertahan di tengah persaingan bisnis fashion yang semakin luas? Ternyata kuncinya adalah pada variasi desain yang beragam, selalu ada saja yang baru, bahan dan jahitan berkualitas, style yang berkarakter dan harga yang terjangkau.

Harga memang cukup menentukan. Ethica sendiri mematok harga cukup murah untuk produknya. Untuk kerudung sekolah misalnya, harga dimulai dari Rp. 50.000. Baju anak antara Rp. 150.000 – Rp. 300.00. Baju dewasa juga bervariasi, dari mulai under Rp. 100.000, hingga Rp. 400.000-an. Sangat terjangkau dan tentunya tetap dengan kualitas yang terjaga dan nyaman dipakai.

Pemasaran Ethica

Ethica sendiri dalam memasarkan produk-produknya telah mencoba berbagai jenis bentuk promosi, mulai dari iklan di media cetak, event seperti pameran, fashion show, dll. Ethica juga sudah pernah menjadi menjadi sponsor di beberapa tayangan televisi seperti sinetron, talk show dan sebagainya.

Untuk store Ethica sendiri ada di Kota Bandung, Jalan Buah Batu no 248 A. Ada juga Store Cimahi di Jalan Amir Mahmud Hook Sangkuriang No. 2 Cimahi. Untuk outlet di kota lain ada di Kota Malang, Garut, Palembang, Makassar, dan menyusul di kota-kota besar lainnya. Para pelanggan juga bisa membeli produk Ethica di  ratusan Agen & Distributor, yang sudah tersebar mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Sebagai brand bisnis pakaian anak hingga dewasa dengan mengusung tema “Spiritualitas Islam yang Mencerahkan” Ethica menunjukkan esensi konsep melalui kekuatan warna, variasi motif, design simple, dan matching yang terdiri atas paduan kain kaos terpilih dan kain katun berkualitas. Berkat kualitas bahan yang nyaman dipakai dan jahitan pakaian yang sangat rapi membuat brand ini semakin dipilih masyarakat muslim.

Outlet Ethica memang bisa terbilang sangat banyak. Namun, di satu kota hanya terdapat satu toko pusat untuk menjadi distributor bagi para agennya. Kecuali kalau kotanya besar dan memiliki profit yang baik, seperti di Surabaya terdapat dua outlet pusat, sisanya adalah agen.

Sleain outlet offline, produk Ethica juga bisa didapat secara online melalui media berikut:

Web Ethica: www.ethicafashion.com dan www.ethica.id, Instagram: @ethica.id dan Facebook: @ethicaofficial

Web Seply: www.seply.idInstargam: @seply.id dan Facebook: @seplyhijab

Web Ohya: www.ohya.co.id, Instargam: @ohya.style dan Fanpage: @ohya

Untuk Majory bisa dilihat di Instagram: @majory.id

Contoh Produk Ethica di Beberapa Brand

Kemitraan Ethica

Terkait dengan konsep bisnis, maka konsep bisniskemitraan Ethica sama dengan franchise pada umumnya, hanya saja mitra tidak mendapatkan royalty fee. Pure kerjasama investasi barang, karena nilai investasi tidak dianggarkan untuk sewa lokasi. Tapi kalau untuk BEP itu sudah bisa didapatkan bulan ke 16.

Ada 3 paket investasi yang ditawarkan, nominalnya mulai dari Rp. 300 juta hingga Rp. 500 juta. Untuk paket Gold harganya Rp. 300 juta, dan untuk Platinum harganya Rp. 400 juta, sedangkan untuk Diamond harganya Rp. 500 juta. Tentunya ini disesuaikan dengan luas lokasi dan jumlah distribusi barang.

Ethica selalu menciptakan produk fashion kekinian dan terlebih memiliki keterbukaan melalui profit sharing. Mitra juga tidak perlu khawatir lantaran pengelolaan dapat diserahkan seutuhnya pada mitra atau bahkan bisa pihak Ethica yang mengelolanya.

Kedepannya pihak Ethica juga tengah menargetkan penambahan total outlet hingga berjumlah 50 pada bulan Ramadhan 1440 H. Meskipun sekarang lagi musim online tapi Ethica tetap ingin retail terus hidup dan berkembang. Sahabat Muslimah yang ingin berbisnis, mungkin bisa mencoba memilih salah satu paket kemitraan yang ditawarkan di atas. (NSR)

 

Muat Artikel Dari Blogger Muslimah
  • Heejou Bags

    Wow, satu lagi perempuan muslimah yang patut kita kulik-kulik terkait bisnis yang dijalani…
  • Margaw Indonesia

    Dalam dunia bisnis ada satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan, yaitu passion. Apa…
  • Seruni, Serundeng Nikmat

    Bisnis yang kini sedang trend saat ini salah satunya adalah bisnis kuliner atau makanan. D…
Muat Lainnya Bisnis

1 Komentar

  1. Anggarani Ahliah Citra

    20 November 2017 at 4:00 pm

    Aku naksir kagumi 39

    Tjantiiiiik

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Milad 3rd Blogger Muslimah; Muslimah di Era Digital

Alhamdulillah, acara Milad 3rd Blogger Muslimah sudah selesai digelar dengan lancar pada t…