Home Keluarga Bunda Muslimah, Perhatikan Keluargamu. Inilah Adab Makan dan Minum yang Penting Tetapi Kerap Disepelekan. Jangan Sampai Anak-anakmu Melakukannya.

Bunda Muslimah, Perhatikan Keluargamu. Inilah Adab Makan dan Minum yang Penting Tetapi Kerap Disepelekan. Jangan Sampai Anak-anakmu Melakukannya.

3 Menit Durasi Baca
0
0
13
Bunda Muslimah, Perhatikan Keluargamu. Inilah Adab Makan dan Minum yang Kerap Disepelekan. Jangan Sampai Anak-anakmu Melakukannya.

Agama Islam adalah agama yang sempurna. Ia tidak hanya mengatur urusan ritual beribadah, tapi juga mengatur hal-hal yang sering kita anggap sepele, seperti adab makan dan minum. Mungkin selama ini kita tidak banyak tahu tentang adanya adab makan dan minum yang diajarkan dalam Islam. Alangkah baiknya bila kita mulai mencari tahu dan sedikit demi sedikit mulai mengamalkannya.

Boleh jadi kita menganggap urusan makan dan minum adalah hal yang sepele, tak perlu pusing-pusing memikirkan aturannya. Ketahuilah sesungguhnya amalan sekecil apa pun yang kita kerjakan pasti akan mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Berikut ini beberapa adab makan dan minum yang dicontohkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:

  1. Membaca bismillah

Sebelum mulai makan dan minum kita dianjurkan menyebut nama Allah. Hanya dengan ucapan bismillah saja sudah cukup dan kita pun bisa mulai makan dan minum. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Jika salah satu kalian hendak makan, maka hendaklah menyebut nama Allah, jika dia lupa menyebut nama Allah di awal makan, maka hendaklah mengucap bismillahi awalahu wa akhirahu.” (HR. Abu Dawud)

  1. Gunakan tangan kanan

Makan menggunakan tangan kanan sudah biasa kita lakukan. Sejak kecil orang tua selalu mengajarkan kita tentang hal ini. Tapi, mungkin orang tua kita lupa mengajarkan untuk menggunakan tangan kanan saat minum. Karena masih banyak terlihat orang yang minum menggunakan tangan kiri.

Dari Umar radhiyallah ‘anhu, Rasulullah bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian hendak makan, maka hendaknya makan menggunakan tangan kanan, dan apabila hendak minum hendaknya minum juga dengan tangan kanan. Sesungguhnya syaitan itu makan dan minum dengan tangan kiri.”

  1. Duduk

Sebisa mungkin makan dan minumlah sambil duduk, karena Rasulullah menganjurkan hal itu.“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sungguh melarang dari minum sambil berdiri.” (HR. Muslim)

  1. Tidak meniup makanan atau minuman yang panas

Apabila makanan dan minuman yang tersaji masih dalam keadaan panas, hendaklah kita tidak meniupnya. Tunggulah hingga panasnya berkurang, baru kita santap. Larangan meniup makanan atau minuman yang panas dikhawatirkan udara yang keluar dari mulut mengotori makanan atau ada sesuatu yang jatuh dari mulut atau hidung.

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang bernafas di dalam gelas atau meniup isi gelas.” (HR. Ahmad dan Turmudzi)

Jika kita tidak sabar menunggu makanan hingga dingin, boleh menggunakan kipas untuk mengurangi hawa panasnya. Pastikan kipas yang digunakan bersih dan tidak berdebu.

  1. Menjilat jari-jari setelah makan

Makan menggunakan tangan (tanpa sendok) juga disunnahkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Salah satu Sunnah makan adalah menjilat jari-jari yang digunakan untuk makan di akhir atau saat selesai menyantap makanan, bukan di saat makan belum selesai. Mungkin sebagian orang menganggap hal ini sesuatu yang tidak sopan. Akan tetapi apa pun yang dilakukan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pasti berfaedah dan berpahala. Hikmah menjilati jari setelah makan adalah bahwa makanan yang disantap mengandung keberkahan, tapi kita tidak tahu di mana letak keberkahan itu, di awal atau di akhir makanan. Maka hendaknya kita tidak menyisakan makanan apalagi hingga membuangnya.

  1. Tidak mencela makanan

Rasulullah tidak pernah mencela makanan. Jika beliau menyukainya maka beliau pun memakannya. Tapi jika beliau tidak menyukai, maka akan ditinggalkan tanpa mengucap hal yang buruk tentang makanan tersebut.

  1. Memuji Allah setelah makan

Jangan lupa mengucap Alhamdulillah setelah makan dan minum, karena Allah menyukai hal itu. “Sesungguhnya Allah ridha terhadap seorang hamba yang menikmati makanan lalu memuji Allah sesudahnya atau meneguk minuman lalu memuji Allah sesudahnya.” (HR. Muslim)

Itulah sebagian adab makan dan minum yang diajarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sunnah rasul yang mungkin dianggap ringan ini ternyata belum kita amalkan sepenuhnya. Sesungguhnya Sunnah sekecil apa pun yang kita amalkan dapat menambah amal kebaikan. Satu hal yang paling penting adalah pastikan makanan dan minuman yang kita konsumsi halal dan thoyyib. Hal itu akan membawa keberkahan dan ridho Allah subhanahu wa ta’ala.

 

 

 

Muat Artikel Dari Nia Hanie Zen
Muat Lainnya Keluarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Semua Umat Islam Harus Tahu! Lima Alasan Mengapa Harus Mengunjungi Masjidil Aqsha

Sebaik-baik tempat untuk dikunjungi adalah masjid. Salah satu masjid yang utama untuk disa…