Home Keluarga Bunda Muslimah, Yakin Mau Membuang Semua Sampah di Dapurmu? Yuk, Manfaatkan Sampah Dapur Untuk Kecantikan

Bunda Muslimah, Yakin Mau Membuang Semua Sampah di Dapurmu? Yuk, Manfaatkan Sampah Dapur Untuk Kecantikan

3 Menit Durasi Baca
0
0
13

Pernahkah terbayang oleh Sahabat Muslimah bagaimana memanfaatkan sampah dapur tersebut? Dan, tahukah Sahabat Muslimah kalau ternyata ada beberapa jenis sampah dapur yang bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan.
Benarkah?

1. Ampas kopi
Sahabat Muslimah senang minum kopi? Jika iya, biasakanlah dari sekarang untuk tidak langsung membuang ampas kopi sehabis menikmati kelezatannya.
Nah, ampas kopi itu dapat digunakan sebagai scrub. Khasiatnya, untuk membuat kulit segar dan wangi. Caranya, balurkan ampas kopi ke permukaan kulit. Tunggu beberapa saat hingga setengah mengering. Gosok perlahan dengan gerakan memutar hingga berjatuhan. Terakhir, bilas dengan air bersih.
Untuk pemakaian di wajah, lakukan pemijatan dengan cara yang lebih lembut. Selain untuk wajah, ampas kopi juga manjur untuk mengatasi masalah kulit pecah-pecah pada kaki.

2. Ampas Teh
Usai menikmati kesegaran teh, ampasnya jangan langsung dibuang ya. Untuk ampas teh celup, dapat digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam dan kantong mata. Caranya adalah dengan mengompres bekas kantong teh tersebut kira-kira selama 10-20 menit. Untuk hasil maksimal, dinginkan bekas kantong teh di lemari es selama sekitar tiga puluh menit.
Ampas teh beserta air the sisa semalam juga dapat digunakan untuk perawatan rambut. Gunanya agar akar rambut menjadi kuat dan rambut bebas ketombe serta terlihat lebih kemilau. Caranya, usapkan air teh beserta ampasnya ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, cuci rambut seperti biasa.
Selain untuk manusia, ampas the juga dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan gulma dan sebagai pupuk tanaman. Caranya, sebarkan ampas the di sekitar tanaman. Tanaman Sahabat Muslimah pun dapat tumbuh lebih subur.

3. Air Bekas Cucian Beras

Kepikiran gak sih, kalau ternyata air bekas cucian beras bermanfaat bagi kecantikanmu. Iya benar, jadi air cucian beras itu mengandung zat-zat penting seperti protein, karbohidrat, glutein, selulosa dan juga vitamin B yang cukup tinggi. Dengan kandungan sebanyak itu, makanya sayang kalau dibuang percuma.

Kandungan air cucian beras ampuh untuk mencerahkan, melembutkan serta memutihkan kulit. Selain itu, bagus juga untuk menghilangkan bekas jerawat, flek hitam serta mengontrol kelebihan minyak. Cara menggunakannya cukup mudah, cuci wajah secara teratur atau bisa juga menggunakan endapan airnya sebagai masker.

Selain untuk wajah, air bekas cucian beras juga baik untuk kesehatan rambut yakni mengurangi kerontokan rambut dan menguatkan serta memperbaiki akar rambut. Caranya, keramas rambut dengan air ini lalu diamkan beberapa menit lalu pakailah shampo seperti biasa.

4. Jeruk Nipis Bekas Perasan

Suka meneteskan perasan jeruk nipis pada kuah makananmu? Terasa lebih nikmat, ya? Tapi tahukah Sahabat Muslimah, ternyata tak air perasan jeruk nipis saja yang berkhasiat, bekas perasan jeruknya juga loh.

Nah, salah satu manfaatnya adalah mengatasi kulit wajah kusam dan berjerawat. Caranya pemakaiannya cukup mudah, usapkan bekas kulit jeruk nipis bagian dalam secara lembut ke wajah. Diamkan sebentar, kemudian bilas dengan air bersih. Bagi yang berjerawat, cara ini agak sedikit perih namun dapat membuat jerawat di wajah lebih cepat kering.

Selain untuk wajah, jeruk nipis ini juga ampuh untuk menghilangkan bau badan dan memutihkan ketiak. Cukup oleskan kulit jeruk tersebut ke ketiak sebelum mandi lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, mandilah seperti biasa.
Jeruk nipis bekas perasan juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis dan memberi kesegaran pada peralatan makan sehabis dicuci. Cukup disimpan di tempat sabun cuci piring dan digunakan bersama sabun cuci piring.

5. Putih Telur
Punya putih telur yang tidak terpakai? Yuk, dibikin masker. Manfaatnya, bagus untuk menghaluskan wajah dan mengurangi jerawat. Caranya, cukup oleskan putih telur sebagaimana menggunakan masker di wajah. Diamkan beberapa lama lalu bilas dengan air bersih.

Gimana? Yuk, memanfaatkan sampah dapur di rumah semaksimal mungkin.

Muat Artikel Dari Haeriah Syamsuddin
Muat Lainnya Keluarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Masuk Surga Itu Mudah. Cukup Lakukan 4 Hal Berikut Ini

Setiap manusia, tentu saja muslimah termasuk di dalamnya  menginginkan surga menjadi tujua…