Home Kajian Ingin Mempunyai Rumah Di Surga? Lakukan 11 Amalan Berikut

Ingin Mempunyai Rumah Di Surga? Lakukan 11 Amalan Berikut

5 Menit Durasi Baca
12
0
173

Semua orang pasti ingin mempunyai rumah. Rumah yang besar, nyaman dan asri merupakan dambaan setiap orang. Itulah gambaran rumah ideal yang ada di dunia. Yang meski sebesar dan senyaman apapun, nyatanya rumah tersebut tak dapat ditempati untuk selamanya.

Kalau begitu, mengapa kita tidak memikirkan bagaimana caranya mempunyai rumah impian namun dapat ditempati selamanya. Adakah rumah seperti itu?
Jawabannya, tentu ada. Rumah di surga. Rumah yang tidak akan pernah terbayangkan sedikit pun kenikmatannya di dunia. Rumah yang tak ada tandingannya meski dibandingkan dengan rumah manusia paling kaya sejagat raya.

Lalu bagaimana cara untuk memiliki rumah impian tersebut. Berikut 11 cara untuk memiliki rumah impian di surga.

1. Membaca surat Al-Ikhlas

Tahukah kita, ternyata membaca surah Al Ikhlas sebanyak 10 kali itu dapat berbuah rumah di surga. Masya Allah, sangat mudah, bukan? Dan sebagian besar kaum muslimin pasti telah menghapal surah ini.
Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca ‘qul huwallahu ahad’ sampai ia merampungkannya (surat Al-Ikhlas) sebanyak sepuluh kali, maka akan dibangunkan baginya rumah di surga.” (HR. Ahmad)

2. Mengerjakan Shalat Dhuha dan shalat sebelum Zhuhur
Shalat Dhuha adalah salah satu shalat Sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Dan, tahukah kita, ternyata salah satu keutamaannya adalah dapat berbuah rumah di surga.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang shalat Dhuha empat raka’at dan shalat sebelum Zhuhur empat raka’at, maka dibangunkan baginya rumah di surga.” (HR. Ath-Thabrani )

3. Mengerjakan Shalat Rawatib
Shalat Rawatib adalah shalat-shalat Sunnah yang mengiringi shalat fardhu. Dan, amalan inipun dapat berbuah rumah di surga.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Barangsiapa merutinkan shalat sunnah dua belas raka’at dalam sehari, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di surga. Dua belas raka’at tersebut adalah empat raka’at sebelum zhuhur, dua raka’at sesudah zhuhur, dua raka’at sesudah maghrib, dua raka’at sesudah ‘Isya, dan dua raka’at sebelum subuh.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

4. Mengucapkan Hamdalah dan Istirja’ Ketika Anak Meninggal Dunia
Tak ada yang paling menyedihkan ketika buah hati yang amat disayangi meninggal dunia. Tentu saja berduka atas kejadian ini adalah hal yang wajar. Namun, Allah dan Rasul-Nya melarang umatnya untuk berlebih-lebihan dalam menyikapi sebuah musibah ataupun cobaan.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila anak seorang hamba meninggal dunia, Allah berfirman kepada malaikat-Nya, ‘Kalian telah mencabut nyawa anak hamba-Ku?’ Mereka berkata, ‘Benar.
Allah berfirman, ‘Kalian telah mencabut nyawa buah hatinya?’ Mereka menjawab, ‘Benar.’ Allah berfirman, ‘Apa yang diucapkan oleh hamba-Ku saat itu?’ Mereka berkata, ‘Ia memuji-Mu dan mengucapkan istirja’ (innaa lilaahi wa innaa ilaihi raaji’uun).’
Allah berfirman, ‘Bangunkan untuk hamba-Ku di surga dan namai ia dengan nama Baitul Hamdi (rumah pujian).” (HR. Tirmidzi dan Ahmad).

5. Membaca Doa Masuk Pasar
Pasar merupakan salah satu tempat yang paling disenangi setan. Di dalam pasar banyak terjadi kemaksiatan seperti kecurangan dan penipuan. Karenanya, kita diperintahkan untuk senantiasa berdoa sebelum masuk pasar agar terhindar dari tipu daya di tempat tersebut.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang memasuki pasar lalu ia melakukan jual beli di dalamnya, lantas mengucapkan: ‘Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyi wa yumiit wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir’, maka Allah akan mencatat baginya sejuta kebaikan, akan menghapus darinya sejuta kejelekan dan akan membangunkan baginya rumah di surga.” (HR. Al-Hakim)

6. Meninggalkan perdebatan

7. Meninggalkan dusta

8. Berakhlak mulia

Point 6, 7 dan, 8 dijelaskan dalam sebuah hadits.
Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Aku memberikan jaminan rumah di pinggiran surga bagi orang yang meninggalkan perdebatan walaupun dia benar. Aku memberikan jaminan rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan kedustaan walaupun dalam bentuk candaan. Aku memberikan jaminan rumah di surga yang tinggi bagi orang yang bagus akhlaknya.” (HR. Abu Daud)

9. Menutup Celah Shaf Shalat
Tak jarang, kita melakukan shalat berjamaah namun dalam keadaan bercelah disebabkan tidak merapatnya para jamaah. Hal ini sering terjadi, karena maraknya para jamaah yang hanya ingin shalat di atas sajadah yang dibawanya dari rumah. Padahal satu sajadah mampu memuat lebih dari satu orang.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Barang siapa yang menutupi suatu celah (dalam shaf), niscaya Allah akan mengangkat derajatnya karena hal tersebut dan akan dibangunkan untuknya sebuah rumah di surga.” (HR. Al-Muhamili)

10. Membangun Masjid
Tak perlu berpikir bahwa untuk membangun masjid harus mengeluarkan dana yang bermilyar-milyar. Dengan dana minim dan terbatas, kita pun dapat membantu pembangunan sebuah masjid. Bahkan meski infak kita hanya seharga satu lubang tempat burung bertelur bahkan lebih kecil dari itu.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Barangsiapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah)

11. Beriman Kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
“Aku menjamin orang yang beriman kepadaku, masuk islam dan berhijrah dengan sebuah rumah di pinggir surga, di tengah surga, dan surga yang paling tingggi. Aku menjamin orang yang beriman kepadaku, masuk islam dan berjihad dengan rumah di pinggir surga, di tengah surga dan di surga yang paling tinggi. Barangsiapa yang melakukannya, maka ia tidak akan melepaskan satu pun kebaikan, dan ia lari dari setiap keburukan, ia pun akan meninggal, di mana saja Allah kehendaki untuk meninggal.” (HR. An-Nasa’i)

Demikian 11 amalan yang apabila dilakukan secara rutin dan ikhlas semata demi mendapatkan ridho Allah maka akan berbuah rumah di surga. Semoga kita diberi kemudahan dan keistiqomahan untuk melakukan amalan-amalan tersebut.
Aamiin.
Wallahu a’lam bisshawab

Referensi:

– Syamsuddin, Haeriah. Tiket ke Surga, 1001 Amalan Ringan Berpahala Besar Untuk Perempuan. Kalil (GPU)
– https://rumaysho.com/13072-11-amalan-dapat-jaminan-rumah-di-surga.html

Muat Artikel Dari Haeriah Syamsuddin
Muat Lainnya Kajian

12 Komentar

  1. El-lisa

    22 Januari 2018 at 11:59 am

    Semoga kita termasuk salah satu atau lebih dalam mengamalkannya. Aamiin..

    Balas

  2. Ellany Mutiara

    22 Januari 2018 at 12:16 pm

    Assalamuallaikum teman-teman shalihah…

    Bicara mengenai rumah di Surga. Sebenarnya di dunia ini pun kita diberi oleh Allah SWT banyak kesempatan untuk membangun ‘pintu’nya. Jalan menuju Surga Allah. Sebagai seorang anak, kita wajib menyayangi dan berbakti pada kedua orang tua, apalagi jika kedua sampai lanjut usia. Dan bergembiralah para istri shalihah yang memiliki seorang suami shalih, untuk meraih nikmatnya Surga cukup dengan taatnya kita pada suami.

    Semoga kita semua masuk ke dalam golongan yang pantas menjadi penghuni Surga, ya 🙂

    Balas

  3. Aulia

    22 Januari 2018 at 1:10 pm

    Masya Allah, sebenernya amalan-amalan ini gampang dilakuin, tapi godaannya masih besar banget 🙁 terima kasih blogger muslimah, sangat bermanfaat artikelnya O:)

    Balas

  4. Septia

    22 Januari 2018 at 1:26 pm

    “Mengucapkan Hamdalah dan Istirja’ Ketika Anak Meninggal Dunia”, awal-awal baca kesannya kaya mana gitu. Tapi pas baca penjelasannya, ternyata benar juga. Biar hati dikasih kekuatan jg dengan cara seperti itu.

    Lalu membaca Al Ikhlas, baru tahu. Alhamdulillah nambah ilmu. Terima kasih sharingnya Mba ?

    Balas

  5. Denik

    22 Januari 2018 at 1:31 pm

    Wah, banyak yang belum dikerjakan ?

    Balas

  6. Novianti islahiah

    22 Januari 2018 at 1:43 pm

    Masya Allah, untuk dibangunkan sebuah rumah di surga ternyata cukup mudah. Beberapa amalan di atas sangat mudah, tergantung niat kita kuat tidak nya ya. Seperti mengerjakan salat duha, rawatib, tidak berdusta, dll. Hanya modal niat yang kiat dan ikhlas. Jzkllh atas sharing nya 🙂

    Balas

  7. Damar Aisyah

    22 Januari 2018 at 2:22 pm

    Subhanalloh, sesungguhnya memang Allah Maha Pengasih dan Penyayang dan Islam sangat memudahkan umatnya. Semoga kita selalu dalam hidayah-Nya. Amin

    Balas

  8. Fatimah Alfi Ahsani

    22 Januari 2018 at 4:47 pm

    Terima kasih remindernya kak, kadang memulainya mudah namun menjaga untuk tetap istiqomah perlu perjuangan ekstra ?

    Balas

  9. Dian Restu Agustina

    22 Januari 2018 at 6:41 pm

    Masya Allah ternyata banyak amalan sederhana berbuah rumah di surga-Nya. Terima kasih telah diingatkan lewat ulasan ini.

    Balas

  10. Yurmawita

    23 Januari 2018 at 1:15 am

    Subhanallah semoga aku bisa mengamalkannya amin

    Balas

  11. Sinta

    23 Januari 2018 at 8:25 am

    Sesuatu yang sederhana namun berbuah syurga. Masya Allah…semoga kita bisa mendapatkannya. Aamiin…S

    Balas

  12. Witri Prasetyo Aji

    23 Januari 2018 at 12:50 pm

    belum semua mengamalkannya, terima kasih sudah berbagi, noted 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Masuk Surga Itu Mudah. Cukup Lakukan 4 Hal Berikut Ini

Setiap manusia, tentu saja muslimah termasuk di dalamnya  menginginkan surga menjadi tujua…