Home Ragam Inilah Lokasi Liburan yang Asyik Sekaligus Bermanfaat

Inilah Lokasi Liburan yang Asyik Sekaligus Bermanfaat

2 Menit Durasi Baca
0
0
114

Musim liburan pun tiba. Banyak orangtua yang bingung akan mengajak anak liburan ke mana. Bagi warga ibukota, tempat liburan favorit kemungkinan besar adalah pusat perbelanjaan atau mal. Ujung-ujungnya ke mal lagi, mal lagi. Bertebarannya mal di mana-mana menjadi fenomena tersendiri di ibukota. Pusat perbelanjaan saat ini menjadi tempat favorit keluarga untuk menghabiskan masa liburan. Selain dapat memuaskan hasrat belanja para ibu, ayah dan anak-anak pun dapat menikmati hiburan lain yang tersedia, seperti pusat kebugaran, cafe dan area bermain anak.

Kebanyakan orangtua tidak mau repot mencari tempat hiburan bagi anak di masa liburan. Mal menjadi pilihan pertama karena telah menjamur di mana-mana. Tak sulit menemukan mal yang didirikan bahkan di sekitar tempat tinggal kita. Namun, sesungguhnya mal bukanlah satu-satunya tempat hiburan untuk mengisi liburan. Malah sebaiknya orangtua mulai mengurangi kunjungan ke mal sebagai tempat berlibur. Masih banyak lokasi lain yang bisa menjadi alternatif untuk liburan keluarga.

Berikut ini beberapa tempat yang bisa orangtua jadikan referensi sebagai lokasi liburan yang tepat untuk anak-anak:

  1. Museum

Salah satu lokasi yang cocok untuk menghabiskan liburan sambil berlajar adalah museum. Selain menambah wawasan, berlibur ke museum juga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme pada anak. Museum sejarah Jakarta, museum nasional, museum IPTEK, museum layang-layang, merupakan contoh beberapa museum yang menarik untuk dikunjungi di Jakarta.

 

  1. Taman

Jika tak memiliki dana lebih untuk liburan, mengisi waktu liburan di taman kota juga dapat menjadi alternatif yang cukup menyenangkan. Taman kota yang ada saat ini juga dapat menjadi lokasi berlibur yang menarik. Dengan berbagai tanaman pohon rindang dan beraneka tanaman bunga warna warni dapat menjadi lokasi asyik untuk berfoto, Ditambah aneka jajanan yang berseliweran di sekitar taman semakin menambah betah untuk bersantai di taman. Berlibur ke taman kota tidak membutuhkan banyak uang. Kita bisa santai sambil membaca buku, bisa juga membawa makanan dari rumah dan menyantapnya bersama teman atau keluarga. Beberapa taman yang bisa dikunjungi yaitu Taman Suropati, Taman Menteng, Taman Honda di daerah Tebet.

 

  1. Perpustakaan

Salah satu tempat liburan yang jarang dilirik adalah perpustakaan. Padahal tempat ini pun bisa menjadi salah satu lokasi liburan keluarga, karena perpustakaan saat ini juga menyediakan area membaca dan bermain untuk anak-anak. Selain menambah wawasan bagi anak dengan buku-buku yang beraneka ragam, anak juga bisa bermain dengan mainan edukatif yang disediakan. Salah satu perpustakaan yang menyediakan area anak yaitu Perpustakaan Umum Daerah yang berlokasi di area Taman Ismail Marzuki.

  1. Masjid

Di setiap daerah pasti terdapat masjid agung atau masjid raya. Biasanya masjid-masjid ini ramai oleh pengunjung yang memang sedang berlibur di daerah-daerah tertentu. Nah, kita juga bisa mengajak anak berkunjung ke masjid terbesar yang ada di kota. Selain jalan-jalan menikmati interior dan eksterior masjid yang megah, orangtua dapat memberikan pemahaman pentingnya salat berjamaah di masjid, terutama untuk laki-laki. Anak juga bisa langsung mempraktekkan salat berjamaah pada saat jam salat tiba. Berlibur ke masjid mudah-mudahan bisa membuat anak terbiasa dan senang pergi ke masjid. Beberapa masjid besar yang bisa dikunjungi antara lain; Masjid Istiqlal, Masjid At Tin, Masjid Kubah Emas di Depok, Masjid Raya di Bogor.

Mari ajak anak-anak mengisi liburan ke tempat-tempat yang asyik, seru dan menambah wawasan. Kurangi mengajak anak berlibur ke mal, karna hal itu hanya akan membuat anak menjadi konsumtif.

 

 

 

Muat Artikel Dari Nia Hanie Zen
Muat Lainnya Ragam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mendidik Anak Berdasarkan Fitrahnya

Judul               : Ibuku Adalah Sekolah Terbaikku Penulis             : Dian Kusumaward…