Home Literasi & Blogging Bagaimana Mencari Ide Untuk Menulis Blog

Bagaimana Mencari Ide Untuk Menulis Blog

3 Menit Durasi Baca
1
0
116

Seringkali datang pertanyaan kepada saya, apa dan bagaimana tips-tips menulis. Banyak diantara yang bertanya tersebut ingin menjadi penulis atau ,emjadi blogger, tetapi tidak tau bagaimana caranya. Saya jawab saja dengan dua jawaban seperti yang di bawah ini.

  1. Harus menyukai menulis.
  2. Langsung saja menuliskannya, tulis saja apa yang mau ditulis.

Jawaban saya sesederhana itu, kalau ada yang bertanya bagaimana caranya menjadi penulis, atau jadi blogger. Karena kalau mau jadi penulis, blogger, seseorang harus menyukai dunia menulis. Tidak bisa tidak. Itu kunci utamanya. Dan kemudian, harus mulai menulis dan terus menulis.

Tapi kemudian akan muncul lagi pertanyaan lainnya pada saya, yakni, bagaimana memunculkan ide tentang apa yang hendak ditulis tersebut. Oke, baiklah, saya akan memberikan tips-tips untuk mendapatkan ide dalam menulis, khususnya menulis blog. Apa sajakah itu? Mari kita simak.

  1. Banyak Membaca.

Membaca adalah jendela dunia, begitulah kata orang bijak. Dengan membaca, kita akan mendapatkan banyak ide ketika sedang membaca. Banyak ide segar yang tiba-tiba muncul ketika sedang membaca. Apalagi sejatinya, tidak ada ide yang benar-benar asli yang dimiliki seseorang.

Dan seringkali juga sebuah tulisan dibuat oleh penulisnya karena terinspirasi oleh tulisan atau bacaan yang ia baca sebelumnya. Kalau sekadar ide, itu sah-sah saja yang penting Sahabat Muslimah tidak melakukan tindakan plagiat terhadap apa yang sahabat muslimah baca.

  1. Rajin Mengamati Sekeliling.

Lingkungan tempat tinggal kita, tempat kerja dan juga jalan yang kita lewati dalam perjalanan melakukan aktivitas harian bisa menjadi gudang ide dalam menulis. Pada saat dalam perjalanan pulang dari tempat kerja, Anda akan banyak melihat hal yang bisa renungan bagi kita dan juga menjadi bahan untuk tulisan Anda.

Di jalanan, mungkin Anda melihat bapak-bapak tua di pinggir jalan yang tidur di dalam gerobak kecil, tempat dia membawa barang-barang rongsokan. Atau juga Anda melihat anak perempuan kecil yang berumur 7 tahun mengamen di atas kopaja atau metromini tanpa didampingi orang dewasa. Mereka sangat gesit naik dan turun kopaja atau metromini.

Dua kejadian di atas bisa anda jadikan ide untuk menulis di blog anda tentang apa dan siapa yang Anda lihat. Anda tinggal membuat narasi tentang apa yang Anda lihat atau yang Anda amati tersebut.

  1. Rajin Blogwalking.

Blogwalking, atau yang sering diistilahkan dengan BW adalah, mengunjungi blog-blog para blogger lainnya. Tujuannya, untuk menjalin silaturahim dan mendapatkan berbagai informasi dan pengetahuan dari blog yang dibaca. Selain itu juga, BW bisa menjadi tempat menumbuhkan ide-ide cemerlang setelah membaca postingan blogger-blogger lainnya. Dan kemusian ide tersebut bisa sahabat tulis di blog Anda.

  1. Rajin Mereview hobi.

Sahabat musliamah suka baca buku? Jadikan ide untuk nulis. Riview buku tersebut. Sahabat muslimah suka nonton film atau drama korea? Sama, jadikan juga ide untuk menulis. Atau juga sahabat muslimah suka berburu kuliner dan traveling? Buat catatan kecil tentang kuliner dan traveling tersebut untu dijadikan ide menulis. Semua hobi sahabat muslimah tersebut bisa dijadikan ide untuk menulis.

  1. Menuliskan Ide

Sahabat Muslimah bisa membuat catatan kecil untuk mencatat ide Anda di perangkat ponsel yang anda gunakan. Gunanya adalah supaya ide Anda tidak menguap begitu saja. Buat juga beberapa kata atau kalimat yang akan mengingatkan Anda tentang apa yang Anda tulis. Manfaatkan perangkat yang ada. Anda bisa membuat draft ide tersebut di word yang ada di hape Anda.

Sahabat Muslimah juga tidak harus membuat catatan secara detail terlebih dahulu, cukup buat garis besarnya saja. Baru nanti setelah ada kesempatan yang lebih luang, anda menuliskannya secara detail di rumah.

  1. Bentuk Habit Menulis.

Ini yang paling penting. Sahabat Muslimah harus membuat kebiasaan menulis. Setiap saat, setiap waktu. Akan tidak berguna ide brilian kita kalau kita tidak menuliskannya. Jadi Sahabat Muslimah, yuk kita menulis.

Salam Literasi.

 

Muat Artikel Dari Fisra Firsty
  • Mendidik Anak Berdasarkan Fitrahnya

    Judul               : Ibuku Adalah Sekolah Terbaikku Penulis             : Dian Kusumaward…
  • Tebarkan Cahaya Islam Pada Dunia

    Judul                           : Telling Islam to the World Penulis                      …
  • Buya HAMKA dan Perjalanan Hidup yang Menginspirasi

      Judul               : Buya HAMKA Memoar Perjalanan Hidup Sang Ulama Penulis             …
Muat Lainnya Literasi & Blogging

1 Komentar

  1. wahidah fitriani

    29 Januari 2018 at 10:44 am

    Saya suka sekali membaca, tetapi memiliki kesulitan dalam menulis. Meskipun demikian, saya akan tetap berusaha untuk bisa terampil dalam menulis.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

7 Masjid Mushala Mall Yang Keren di Jakarta

Suka ngemol? Atau suka melewati akhir pekan di mall? Yup, dewasa ini ngemol atau nongkrong…