Home Literasi & Blogging Rahasia Bangun di Sepertiga Malam

Rahasia Bangun di Sepertiga Malam

2 Menit Durasi Baca
0
0
406

Judul               : Pejuang Tahajud

Penulis             : Ratna WP

Penerbit           : Mueeza

Cetakan           : 1, 2017

Tebal               : 176 halaman

 

Untuk bangun melakukan salat malam atau tahajud sungguh berat. Tak heran, dalam buku ini orang-orang yang senantiasa menghidupkan malam-malamnya dengan tahajud disebut Pejuang Tahajud (hlm. 107).

Selain mengajak pembaca untuk menghidupkan malam dengan tahajud, buku ini berisi tidak hanya makna salat tahajud itu sendiri, melainkan disertai penjelasan ilmiah dari tokoh-tokoh yang ahli dibidangnya tentang mengapa harus bangun malam, mengapa ayam berkokok tengah malam dan sains yang berkaitan dengan tahajud.

Saya baru tahu ternyata pada saat ayam berkokok di tengah malam, rupanya ia telah melihat malaikat. Dan kita dianjurkan untuk berdoa meminta karunia kepada Allah.

“Apabila kalian mendengar ayam berkokok mintalah karunia Allah (berdoalah), karena dia melihat malaikat. Dan apabila kalian mendengar ringkikan keledai, mintalah perlindungan kepada Allah dari setan karena dia melihat setan.” (HR. bukhari dan Muslim)

Kita yang belum terbiasa bangun di sepertiga malam pasti tidak mudah untuk memulai bangun tengah malam. Butuh perjuangan berat untuk membuka mata dan mengangkat badan yang sudah lengket dengan empuknya kasur. Tak heran, sedikit sekali orang yang bisa melakukannya. Tapi perjuangan yang sulit itulah yang akan mendapat nilai besar di sisi Allah.

Mengapa salat tahajud harus dilakukan di sepertiga malam? Banyak rahasia yang terdapat di sepertiga malam, yaitu; pada tengah malam akhir merupakan momen hamba paling dekat dengan Tuhannya, malam hari juga merupakan waktu yang pas untuk bisa khusyuk dan bacaan pun akan lebih berkesan, tengah malam yang sepi dapat membuat pikiran jadi lebih rileks dan kondisi alam di sepertiga malam sangat baik untuk kinerja organ tubuh.

Tentunya jika kita menghidupkan malam dengan salat tahajud, Allah akan membalasnya dengan Surga.

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman (Surga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia, mereka sedikit sekali tidur di waktu malam.” (QS. Adz-Dzariyat: 15-17)

Buku ini ditulis dengan gaya bahasa ringan yang memang ditargetkan kepada anak muda yang belum terbiasa bangun salat tahajud. Disertai kisah motivasi dari para sahabat dan kiat-kiat agar bisa bangun di sepertiga malam, buku yang ditulis oleh salah satu anggota FLP Jakarta ini memberi kemudahan bagi kita untuk mempratekkan isinya.

 

 

Muat Artikel Dari Nia Hanie Zen
Muat Lainnya Literasi & Blogging

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tebarkan Cahaya Islam Pada Dunia

Judul                           : Telling Islam to the World Penulis                      …