Home Literasi & Blogging Ingin Jadi Blogger, Bagaimana Memulainya?

Ingin Jadi Blogger, Bagaimana Memulainya?

2 Menit Durasi Baca
2
0
139

Pernah denger nggak pertanyaan “Kalau mau jadi blogger gimana caranya? Mulainya dari mana?” atau itu pertanyaan yang sedang ada dalam benak Anda?

Blogger sendiri adalah sebutan bagi seseorang yang mengurus sebuah blog. Jelas sudah, syarat utama menjadi blogger adalah memiliki sebuah blog. Cara membuat blog nggak mengharuskan kita bisa CMS, CSS, atau HTML. Nggak wajib bisa bikin tulisan viral. Kita hanya perlu punya blog. Ada 3 platform blog yang populer;

1. Blogspot
2. WordPress
3. Tumblr

Ketiga platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk menemukan mana yang paling cocok, cobalah buat akun pada ketiganya. Lalu putuskan sendiri mana yang memiliki banyak kelebihan sehingga nyaman untuk digunakan media ngeblog kita.

Selesai membuat blog, buatlah postingan yang menarik! Tidak perlu menarik bagi orang lain, cukuplah menarik untuk diri sendiri dulu. Ada yang bilang “Kita tak bisa menyenangkan hati setiap orang.” Pun dengan tulisan. Sebermanfaat apapun tulisan kita, kalo orangnya nggak tertarik untuk baca, kita bisa apa? Jadi, lebih baik buatlah tulisan sesuai passion. Anggaplah tulisan ini sebagai hadiah untuk diri kita sendiri agar bisa meluapkan isi hati. Hal paling lumrah dituliskan dalam blog adalah curahan hati. Apalagi yang lagi patahati, sehari bisa kali 10 postingan isinya curhat semua, hihihi.

Setelah membuat postingan, minta orang lain membaca tulisan kita. Ajak mereka mampir ke blog yang sudah kita buat. Mintalah pendapat mereka, baik kritik maupun saran. Tapi nggak usah baper ya! Kalau malu meminta orang yang dikenal untuk mampir ke blog, kita bisa mengikuti beberapa program Blog Walking. Seperti yang diadakan oleh Blogger Muslimah.

Lakukan terus menerus, dan kita sudah menjadi seorang blogger. Simple kan???

Kalau ditanya tentang gimana caranya jadi blogger professional, tentu beda lagi jawabannya. Biasanya seorang blogger professional punya niche* khusus untuk blognya. Kebanyakan dari mereka memaksimalkan tampilan blog agar lebih mudah dibaca Google. Jadi blogger professional harus punya komitmen. Nggak bisa instan. Hal yang paling utama adalah kita harus memiliki kualitas konten yang menarik. Entah itu tulisan, infografis, maupun template.

Berat? Iya. Tapi tenang saja, semua hal besar berawal dari hal kecil yang dilakukan secara terus menerus. Lagipula tujuan orang memiliki blog itu berbeda-beda. Ada yang memang ingin menghasilkan pundi-pundi rupiah, adapula yang hanya menyalurkan buah pemikirannya. Kita tak perlu jadi blogger professional, cukuplah jadi blogger yang punya hati nurani untuk berbagi kebaikan.

Selamat ngeblog, semoga bermanfaat! ^_^

image source: freepik.com

Muat Artikel Dari Amy Zet Maukar
  • Mendidik Anak Berdasarkan Fitrahnya

    Judul               : Ibuku Adalah Sekolah Terbaikku Penulis             : Dian Kusumaward…
  • Tebarkan Cahaya Islam Pada Dunia

    Judul                           : Telling Islam to the World Penulis                      …
  • Buya HAMKA dan Perjalanan Hidup yang Menginspirasi

      Judul               : Buya HAMKA Memoar Perjalanan Hidup Sang Ulama Penulis             …
Muat Lainnya Literasi & Blogging

2 Komentar

  1. Arifah

    21 Januari 2018 at 9:47 pm

    Terima Kasih sangat memotivasi 🙂

    Balas

  2. Okti Li

    25 Januari 2018 at 8:32 am

    Tergantung dari niat ya.
    Menulis untuk ibadah lebih baik, menulis apa yang dirasa bisa bermanfaat utk orang lain. kalau dapat memonetisasi di akhirnya itu mah bonus saja 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *