Home Kajian Kenali Keutamaannya Maka Kau Tak Akan Rela Kehilangannya

Kenali Keutamaannya Maka Kau Tak Akan Rela Kehilangannya

3 Menit Durasi Baca
0
0
48

Biasanya seseorang akan meremehkan sesuatu yang dia belum tahu apa untungnya buat dirinya. Misalnya, seseorang tidak tahu pentingnya mengonsumsi sayur atau buah bagi kesehatan, maka orang itu lebih memilih makanan yang ia suka saja, ia akan mencoret sayuran dari daftar menu makanannya.

Begitu juga dengan ibadah. Seseorang akan dengan mudah meninggalkan amalan ibadah karena tidak mengetahui apa keutamaan yang didapat jika ia menjalakannya. Seseorang yang tidak pernah menjalankan salat sunnah, misalnya, bukan karena ia tidak ingin, hanya saja ia belum mengetahui keutamaan salat-salat sunnah. Juga, orang yang tidak mengetahui keutamaan bulan Ramadhan, ia akan melewati bulan tersebut dengan aktivitas biasa seperti bulan lainnya, ia akan mengisi bulan Ramadhan dengan hal yang sia-sia dan menganggapnya biasa saja.

Nah, sobat muslimah. Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, mari kita tengok lagi apa saja keutamaan bulan ini agar kita dapat menjalaninya dengan sungguh-sungguh dan menempatkannya sebagai bulan yang spesial di antara bulan-bulan lainnya.

Berikut ini dua hal yang menjadi keutamaan bulan Ramadhan:

  1. Ramadhan merupakan prime time atau waktu utama bagi kita untuk meminta ampunan kepada Allah.

Dalam aktivitas kita sehari-hari, sesungguhnya terdapat waktu-waktu utama yang bisa dimanfaatkan agar berpeluang lebih cepat terkabulnya doa dan terampuninya dosa. Misalnya waktu sepertiga malam. Di waktu tersebut merupakan waktu mustajab untuk berdoa, berdzikir dan bermunajat kepada Allah SWT. Tentu saja kita dapat melakukan aktivitas doa kapan saja, tidak hanya di sepertiga malam. Tapi akan berbeda rasanya jika melakukan semua itu di saat kebanyakan orang sedang menikmati tidur malamnya. Karna di situlah keutamaan yang Allah berikan bagi hambaNya yang bertakwa.

Begitu pula dengan bulan Ramadhan. Allah menjadikan bulan ini sebagai waktu utama bagi siapa saja hambaNya yang mengharap pengampunan dariNya. Akan rugi sekali seseorang yang dirinya berada dalam bulan Ramadhan, tapi ia tidak mendapatkan ampunan dari Allah. Orang yang tidak mendapatkan pengampunan dari Allah adalah orang yang celaka. Ia hanya mengulang Ramadhan setiap tahunnya tanpa diampuni dosa-dosanya.

Sesungguhnya Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk diampuni dan terhapusnya dosa-dosa dibandingkan sebelas bulan lainnya.

  1. Keutamaan Ramadhan yang ke dua adalah Allah mengistimewakan amal ibadah di bulan ini.

Semua ibadah yang dilakukan di bulan mulia ini, akan Allah lipatgandakan pahalanya. Bulan Ramadhan merupakan parade ketaatan yang harus diisi dengan ibadah sebanyak-banyaknya. Oleh karna itu, Ramadhan sangat cocok kita jadikan investasi amal yang paling tepat.

Ada sebuah riwayat dari seorang sahabat Nabi, yakni Thalhah. Dikisahkan ada dua orang sahabat yang baru masuk Islam. Kemudian keduanya turut dalam peperangan. Sahabat pertama syahid dalam perang tersebut, sedangkan yang ke dua masih hidup hingga tahun berikutnya. Selang satu tahun, sahabat yang kedua pun meninggal dunia.

Suatu malam, Thalhah bermimpi, ia bertemu dengan sahabat yang baru masuk Islam tersebut di Surga. Akan tetapi Thalhah bertemu pertama kali dengan sahabat yang ke dua yang meninggalnya belakangan. Setelah tingggal lama di Surga, barulah sahabat yang pertama yang mati syahid lebih dulu dalam peperangan, dipanggil ke Surga.

Lalu, Thalhah menceritakan perihal mimpinya tersebut kepada Rasulullah. Thalhah heran mengapa sabahat yang syahid dalam perang, masuk Surganya belakangan. Rasulullah menjawab. “Mengapa kamu heran? Bukankah sahabat yang ke dua meninggal setahun setelah sahabat pertama? Itu artinya, ia masih sempat merasakan bulan Ramadhan.”

Itulah keutamaan bulan Ramadhan. Satu Ramadhan saja bisa mengubah kedudukan seseorang di hadapan Allah. Oleh karna itu, manfaatkanlah betul-betul bulan Ramadhan. Beribadahlah sungguh-sungguh dan sebanyak-banyaknya.

Semoga setelah mengetahui keutamaan bulan Ramadhan ini, kita semua akan menjalaninya dengan baik dan beribadah dengan maksimal. Berdasarkan keutamaan-keutamaan tersebut, akhirnya kita pun tahu hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk menyambut Ramadhan. Tulisan berikutnya akan membahas persiapan apa yang harus dilakukan untuk menyambut Ramadhan. Stay tune!

Muat Artikel Dari Nia Hanie Zen
Muat Lainnya Kajian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Persiapan Maksimal Demi Ibadah Optimal

Setelah mengetahui keutamaan bulan Ramadhan di tulisan sebelumnya, semoga kita dapat lebih…