Home Literasi & Blogging Tebarkan Cahaya Islam Pada Dunia

Tebarkan Cahaya Islam Pada Dunia

2 Menit Durasi Baca
4
0
37

Judul                           : Telling Islam to the World

Penulis                         : Imam Shamsi Ali

Penerbit                       : Quanta, 2017

Tebal                           : 186 halaman

Membaca buku ini membuat saya mendapatkan banyak informasi seputar dunia Islam di Amerika. Ya, karena buku ini ditulis oleh seorang Imam masjid di New York yang berasal dari Indonesia, yaitu Imam Shamsi Ali. Beliau banyak memaparkan kisah masuk Islamnya warga Amerika yang dibimbing olehnya langsung.

Kisah masuk Islamnya mereka didorong oleh berbagai alasan. Jenifer yang sudah lama belajar Islam tapi belum mau menerima Islam sebagai jalan hidupnya karena ia tidak mau memakai pakaian seperti wanita Arab; jubah dan cadar. Tapi setelah mendapatkan penjelasan dari Imam Shamsi mengenai pakaian muslimah, ia pun akhirnya dengan percaya diri menerima Islam sebagai jalan hidupnya.

Ada juga Amanda, seorang Kristen taat yang merupakan peneliti muda di Universitas Yashiva, New York. Ia berasal dari Iowa, sebuah negara bagian di Amerika yang anti Islam. Amanda mengikuti kelas mualaf yang dikelola oleh Imam Shamsi. Amanda memiliki banyak pertanyaan yang kesemuanya cenderung membenci Islam dan Rasulullah.

Imam Shamsi pun menjawab pertanyaan Amanda satu per satu dengan tenang dan rinci. Amanda akhirnya melanjutkan tanya jawab itu melalui e-mail karena saking banyaknya hal yang ingin ditanyakan. Akhirnya suatu hari Amanda mengambil sebuah keputusan besar dalam hidupnya, yaitu memeluk Islam.

Dakwah Imam Shamsi tidak lepas dari komunikasi yang dibangunnya selama ini. Beliau mengaplikasikan seni berkomunikasi ala Rasulullah, yang jauh dari menuduh, menghakimi seseorang telah berdosa, dan ungkapan negatif lainnya. Komunikasi ala Rasulullah mengedepankan akhlaq, kasih sayang, cinta kasih, serta harapan. Jadi seseorang datang kepadanya pun senantiasa mendapatkan jawaban yang memuaskan dan jauh dari rasa tidak suka apalagi dendam.

Menyampaikan Islam kepada dunia Barat yang terjangkiti islamophobia, harus dengan langkah-langkah komunikasi yang efektif, disertai dengan diskusi dan dialog-dialog. Bukan dengan kekerasan apalagi pengrusakan yang justru akan membuat dunia Barat semakin yakin bahwa Islam disebarkan dengan hal-hal tersebut.

Dunia Barat terlanjur mengenal Islam sebagai agama yang jauh dari kedisiplinan, identik dengan kemiskinan dan terbelakang, tidak update ilmu pengetahuan, dan stigma negatif lainnya. Sesungguhnya Islam itu indah. Islam itu logis dan rasional. Islam itu luas dan lapang dada. Islam itu berkeadilan dan berkemajuan. Tapi semua itu sering kali tersembunyi oleh perilaku orang Islam itu sendiri (hlm.47).

Imam Hamzah Yusuf, seorang imam terkenal di Amerika Serikat berkata kepada Imam Shamsi, “I am so thrilled that I have met Islam before meeting any moslem in my life. Saya sangat senang karena saya sudah menemukan Islam sebelum bertemu dengan orang Islam.”

Sesungguhnya Islam itu sempurna, sedangkan pemeluknya tidak. Tapi jangan jadikan pernyataan tersebut sebagai pembenaran sifat-sifat kita yang membuat cahaya Islam redup. Jadilah seorang muslim yang menampilkan keindahan Islam dengan mulai mengubah sifat-sifat buruk kita menjadi lebih baik. Tunjukkan kepada dunia bahwa Islam itu bersih, disiplin, peduli, maju, dan lain sebagainya. Semoga cahaya Islam akan menyebar ke seluruh dunia dibarengi dengan akhlaq para penganutnya yang membuat cahaya itu semakin terang.

 

 

Muat Artikel Dari Nia Hanie Zen
Muat Lainnya Literasi & Blogging

4 Komentar

  1. Enny

    27 Juni 2018 at 9:44 am

    ini bukunya bahasa inggris atau bahasa Indonesia ya? jadi tertarik untuk membacanya.

    Balas

  2. Elva Susanti

    27 Juni 2018 at 4:40 pm

    Penasaran deh pengen baca kisah yang terpendam di buku ini. Boleh pinjam kak? 😁
    Bacaan seperti ini wajib nih dimiliki siapapun kita

    Balas

  3. Teresia

    29 Juni 2018 at 12:10 am

    wah, jadi ingin baca bukunya…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

5 Amalan Ibadah Yang Bisa Dilakukan Wanita Haid di Bulan Ramadhan

Tak terasa Ramadhan telah berlalu 20 hari, itu berarti kita telah memasuki sepuluh hari te…